Sejarah LOKOMOTIF
Wednesday, September 19, 2012
0
comments
Sejarah perkeretaapian
sama seperti sejarah alat transportasi umumnya yang diawali dengan
penemuan roda. Mulanya dikenal kereta kuda yang hanya terdiri dari satu
kereta (rangkaian), kemudian dibuatlah kereta kuda yang menarik lebih
dari satu rangkaian serta berjalan di jalur tertentu yang terbuat dari
besi (rel) dan dinamakan sepur. Ini digunakan khususnya di daerah
pertambangan tempat terdapat lori yang dirangkaikan dan ditarik dengan
tenaga kuda.
Setelah James Watt menemukan mesin uap, Nicolas Cugnot membuat kendaraan beroda tiga berbahan bakar uap. Orang-orang menyebut kendaraan itu sebagai kuda besi. Kemudian Richard Trevithick membuat mesin lokomotif yang dirangkaikan dengan kereta dan memanfaatkannya pada pertunjukan di depan masyarakat umum. George Stephenson menyempurnakan lokomotif yang memenangi perlombaan balap lokomotif dan digunakan di jalur Liverpool-Manchester. Waktu itu lokomotif uap yang digunakan berkonstruksi belalang. Penyempurnaan demi penyempurnaan dilakukan untuk mendapatkan lokomotif uap yang lebih efektif, berdaya besar, dan mampu menarik kereta lebih banyak.
Setelah James Watt menemukan mesin uap, Nicolas Cugnot membuat kendaraan beroda tiga berbahan bakar uap. Orang-orang menyebut kendaraan itu sebagai kuda besi. Kemudian Richard Trevithick membuat mesin lokomotif yang dirangkaikan dengan kereta dan memanfaatkannya pada pertunjukan di depan masyarakat umum. George Stephenson menyempurnakan lokomotif yang memenangi perlombaan balap lokomotif dan digunakan di jalur Liverpool-Manchester. Waktu itu lokomotif uap yang digunakan berkonstruksi belalang. Penyempurnaan demi penyempurnaan dilakukan untuk mendapatkan lokomotif uap yang lebih efektif, berdaya besar, dan mampu menarik kereta lebih banyak.
Lokomotif Uap
Kereta api uap adalah kereta api yang digerakkan dengan uap air yang dibangkitkan/dihasilkan dari ketel uap yang dipanaskan dengan kayu bakar, batu bara ataupun minyak bakar, oleh karena itu kendaraan ini dikatakan sebagai kereta api dan terbawa sampai sekarang. Sejak pertama kali kereta api dibangun di Indonesia tahun 1867 di Semarang telah memakai lokomotif uap, pada umumnya dengan lokomotif buatan Jerman, Inggris, Amerika Serikat dan Belanda. Paling banyak ialah buatan Jerman.
Lokomotif uap super besar di Amerika Serikat
Lokomotif yang pernah ada dan sangat
besar adalah yang ada Amerika Serikat, dimana akibat
medan jelajah yang berat. Lokomotif tersebut antara lain adalah:
Big Boy 4-8-8-4
Pada tahun 1941 Alco Locomotive
Work di Amerika membuat 25 lokomotif uap yang super besar dan bertenaga hebat
yang bernama Big Boy,
konon lokomotif ini yang terbesar yang pernah ada di dunia. Loko ini dioperasikan
oleh Union Pacific Amerika Serikat
dalam mengarungi medan yang berat berpegunungan.
Salah satu Big Boy X-4014 milik
Union Pacific AS
Pada tahun 1930 Union Pacific
mempunyai pengalaman harus melakukan pertolongan pada jalur Ogden ke Wasatch (Amerika Serikat), dimana
rangkaian kereta adalah seberat 3.600 ton dan dengan elevasi 1,14%. Oleh sebab
itu Union Pacific menghendaki lokomotif yang super kuat. Big Boy dapat menarik
rangkaian 3.600 ton, traksi 270,000 kg, sehingga diputuskan dengan
konfigurasi 4-8-8-4 (artinga 8+8 roda penggerak, atau seri DD), dan kecepatan
150 km/jam, serta tekanan uap 300 psi.
Konon data terakhir tercatat bahwa
Big Boy telah mengarungi rata-rata 1.000.000 mil perjalanan, yang terbesar
adalah loko 4006 dengan posisi 1.064.625 mil, sedangkan yang terkecil adalah
loko 4024 dengan posisi 811.956 mil. Kode 40 artinya buatan tahun 40-an, dua
angka terakhir adalah nomor urut. [1]
Challenger 4-6-6-4
Union Pacific pernah pula memiliki
105 Lokomotif Challenger (Union Pacific 3985), yang dibuat pada tahun 1936
hingga 1943, dengan panjang 30 meter dan berat 500 ton, dan susunan konfigurasi
roda 4-6-6-4 (artinya 6+6 roda penggerak, atau seri CC) dengan kecepatan
150 km/jam, jadi lebih kecil dari Big Boy. Loko ini terutama untuk barang,
namun juga untuk penumpang pada jalur pegunungan di wilayah California
dan Oregon.
Salah satu lokomotif Challebger
milik Union Pacific AS
Lokomotif UP 3985 dirancang oleh
insinyur mesin kepala Otto Jabelmann pada 1941, dan merupakan bagian dari
pesanan kedua dari versi kedua Challenger. Rancangan ini sangat mengandalkan
pengalaman mutakhir dengan lokomotif 4-8-8-4
Big Boy, dan menghasilkan sebuah lokomotif dengan
berat sekitar 287.577,5 kg dan disertai dengan 2/3 load tender yang
beratnya mencapai 157.850,2 kg.
Tujuan mula-mula dalam menciptakan
kelas Challenger adalah mempercepat operasi angkutan dari barat ke timur di
Wasatch yang curam di Utah
dan Wyoming
barat. Wasatch sendiri ditaklukkan oleh
Lokomotif Big Boy tanpa bantuan. Challenger dan Big Boy muncul tepat ketika
lalu lintas meningkat dalam persiapan bagi keterlibatan Amerika dalam Perang Dunia
II. [2].
Northern 4-8-4
Lokomotif Northern mempunyai susunan roda 4-8-4
(artinya hanya dengan 8 roda penggerak, seri D), dioperasikan oleh Union
Pacific sebanyak 45, dibuat pada tahun 1937 hingga 1944. Kecepatannya adalah
150 km/jam. Loko ini untuk penumpang dan barang, misalnya Overland
Pacific, Portland Rose, dan Pacific Limited. Hampir semua jaringan Union
Pacific memakai lokomotif ini.
Salah satu lokomotif Northern milik
Union Pacific AS
Sebenarnya lokomotif ini ada 3
model. Model yang kedua mempunyai panjang 29 meter, dan berat 450 ton.
Lokomotif ini dilengkapi deflektor asap (elephan ears) pada bagian depan
pemanas air. Ini dimaksudkan untuk agar asap dibuang ke atas agar masinis dapat
melihat ke depan dengan baik.
Lokomotif Northern No. 844 hingga
tahun 1960 untuk penggunaan eskursi dan pelayanan umum. Lokomotif lainnya
adalah No. 814 di Iowa dan No. 833 di Ogden. Dua model terakhir dari lokomotif
ini adalah No. 814 di Council Bluffs, Iowa dan No. 833 di Ogden, Utah. Model
ketiga adalah No. 838 yang disimpan di Cheyenne.
Sumber : www.wikipedia.org
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Sejarah LOKOMOTIF
Ditulis oleh Ferry Setia Budi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://batang-agam.blogspot.com/2012/09/sejarah-lokomotif.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.Ditulis oleh Ferry Setia Budi
Rating Blog 5 dari 5
0 comments:
Post a Comment